Monday, 12 September 2016

Masuk ke alam dada / alam bashiroh

Masuk ke alam dada

Assalamualaikum wr wb

Didalam Alqur'an dijelaskan pada surah Annas

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
Bismilahirahmanirahim
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ
Qul Audu bi rabin nas
مَلِكِ النَّاسِ
Malikin nas
إِلَهِ النَّاسِ
Ilahin nas
مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ
min syarrin was wasil kha nas
الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ
alazi yuwaswisu fi sudurin nas
مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ
minal jinati wan nas

Artinya:
Katakanlah: "Aku berlindung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia.
Raja manusia.
Sembahan manusia.
Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi,
yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia.
Dari (golongan) jin dan manusia.



Tahukah kita kenapa kita sebagai manusia di perintahkan untuk mengatakan ( Qul ) diri kita berlindung kepada Nya yang memiliki sifat dapat menguasai manusia dan dijelaskan Dia lah yang disembah manusia terutama kali manusia itu ialah hamba2 Nya ( orang orang yang beriman )
Mengapa seperi itu ??
Hal itu diperintahkan kepada kita karena kita dimusuhi oleh sesuatu yang samar/ rahasia ( syaitan )
Dan yang memusuhi kita itu benar2 dapat menguasai diri kita terkecuali kita itu manusia yang bertawaqal, tau kah kita apa kah tawaqal itu?? Tawaqal itu diawali dengan Ta'awudz ( meminta perlindungan Nya ) dan mendengar apa yang diperintah Nya, contoh hal yg didengar dari orang yang bertawaqal salah satu nya ialah mendengar surah Annas dan memakai nya,..
Dan kenapa ada orang yang mau mendengar surah annas dan memakai nya dalam kehidupan, itu tak lain karena orang tersebut sudah bertawaqal sehingga yakin haqqul yakin apa yg didengar dan dilihat nya.
Maka sampai disitu perlindungan Allah SWT benar2 ada pada diri nya ( orang yang bertawaqal ).

Mari kita lihat pada ayat berikut nya :

Dari kejahatan( bisikan ) setan yang biasa bersembunyi

Pernah kah kita berfikir dari ayat diatas, setan itu bersembunyi, sembunyi dimana kah mereka??? Maka kita simak ayat selanjutnya

Yang membisikan ( kejahatan ) kedalam dada manusia

Pertanyaan itu terjawab pada ayat ke empat yaitu didalam dada manusia, iya meskipun tidak semua setan dari golongan jin itu semua ada didalam dada manusia, contohnya ada setan yang dirumah kosong, pegunungan, bukit lembah dll
Namun yakin lah bahwa ada sejenis mahluk yang sangat halus bahkan seseorang yg dikatakan hijab mata nya terbuka melihat mahluk ini hanya bayangan hitam halus, klu dipersamakan jin2 yang dikatakan orang penghuni rumah kosong atau benda bertuah dan lain itu bagaikan 7 kali lebih halus dari jin biasanya, jadi jika dikaji lagi, jin yang ada didalam dada manusia itu 7 kali lebih halus dari pada jin2 yang menghuni didunia ini. Walaupun ada juga kejadian jin2 biasa dapat bersemayam didalam tubuh manusia dan juga bersemayam didalam dada nya manusia.

Didalam dada manusia

Mungkin gak masuk akal di ilmu nalar, namun yakin lah, bagi kaum jin, benda atau batu sebesar ujung kuku ( batu cincin ), itu ukurang bukan sebagaimana bentuk fisik dialam nyata, sebab di alam keghoiban ruangan didalam batu itu sangat luas sejauh mata kita memandang ( mungkin dalil atau bukti tidak bisa saya jelaskan, namun apa lah untung nya saya menipui sesama umat, bahwa saya dengan izin Allah SWT pernah masuk kedalam batu cincin berfisik kecil namun beralam luas dengan memakai kesadaaran batin / sukma ).
Nah jika sampai disini diri pembaca dapat memahami dan yakin kepada saya sebagai manusia biasa yang berusaha untuk berdzikrullah, maka saya lanjutkan dengan luas dialam dada, kita semua tahu bahwa dada kita itu jika dihitung ukuran hanya sejengkal tangan kita atau lebih dari sejengkal bagi fostur tubuh yg lebih besar, namun yakin lah ukuran itu tidak sama dengan ukurang apa yang didalam isi dada kita yaitu qolbu, qolbu atau hati itu letak nya ada didalam dada kita, namun hati yang didalam dada jika dibongkar pasti lah tidak ada ( yang ada paru2 dan organ tubuh lain nya ) kenapa seperti itu, sebab hati itu berada dialam rahasia atau alam keghoiban, disini saya jelaskan dengan kata mudah yaitu alam qalbu atau alam hati atau juga alam batin atau juga sebagai mana sering kita dengar yaitu dengan nama "Alam bashiroh"

Alam bashiroh

Tahukan isi dari alam bashiroh itu wahai sahabatku para pembaca ???
Banyak isi dari alam itu, terutama sepengetahuan saya ialah syaitan atau yang sering saya sebut " mahluk pembisik ".
Tahukah kita kenapa di alam dada manusia itu ada mahluk pembisik?? Itu karena alam dada manusia itu sangat lah gelap ( itu lah kenapa kejahatan itu identik dengan kegelapan ), dan kenapa cahaya itu identik dengan kebaikan.. Sebab didalam Alqur'an dijelas kan Allah SWT itu bagaikan seumpama cahaya manusia/ seluruh alam ini
Mari kita simak ayat berikut biar kita tambah yakin akan kebenaran :

Al Quran 24:35
------------------
۞ اللَّهُ نُورُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ مَثَلُ نُورِهِ كَمِشْكَاةٍ فِيهَا مِصْبَاحٌ ۖ الْمِصْبَاحُ فِي زُجَاجَةٍ ۖ الزُّجَاجَةُ كَأَنَّهَا كَوْكَبٌ دُرِّيٌّ يُوقَدُ مِن شَجَرَةٍ مُّبَارَكَةٍ زَيْتُونَةٍ لَّا شَرْقِيَّةٍ وَلَا غَرْبِيَّةٍ يَكَادُ زَيْتُهَا يُضِيءُ وَلَوْ لَمْ تَمْسَسْهُ نَارٌ ۚ نُّورٌ عَلَىٰ نُورٍ ۗ يَهْدِي اللَّهُ لِنُورِهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَيَضْرِبُ اللَّهُ الْأَمْثَالَ لِلنَّاسِ ۗ وَاللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya Allah, adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang dia kehendaki, dan Allah memperbuat perumpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.


Lalu mungkin timbul pertanyaan kepada para pembaca, bagaimana agar dada kita tidak gelap agar syaitan2 itu pergi ??

Saya dulu sebelum perbanyak berdzkirullah, alias sering lalai dan bermalas2an dalam beribadah, ketika suatu saat sadar salah dan memulai mengamalkan amalan sirrul ghoib, mendadak diri ini di kejutkan dengan hal2 yang tidak pernah saya ketahui, yaitu kesadaran batin / sukma ini masuk kedalam alam dada saya sendiri, dan saya terkejut melihat didalam nya begitu gelap pekat dan beberapa tempat yang ada sebayang2 cahaya sehingga dikatakan remang2 yang saya lihat, namun saya terkejut dengan suasana keramaian berbagai macam mahluk dengan beraneka ragam bentuk, ada yang berkepala macan namun bertubuh manusia, ada yang besar dan ada yang tinggi, ada bertubuh hewan dan berkepala manusia dst, disamping kebingungan saya melihat dengan samar dan mendengar dari suara2 mereka yang seolah2 berada didalam keramaian antara keramaian perang dan perdagangan, sulit untuk dijelaskan namun semua dari ucapan mereka tidak baik.
Ada yang sedang mengobrol, ada yang memaki2, ada yang marah berteriak, ada yang berbisik.. Saya bingung kenapa dan apa yg terjadi saat ini, namun didalam kebingungan saya masih berpikiran tenang, disaat itu lah muncul sosok berjubah dan berkrudung hitam yang berjalan melayang dihadapan saya sambil berkata ;
Assalamualaikum wahai hamba Allah, sebutkan apa permintaan mu??

Tanpa pikir panjang, tanpa di buat2 dan tanpa dipikir2 diri ini berkata ;
Sesungguh nya saya adalah mahluk yang lemah sekali, namun Allah SWT telah  menjadikan manusia itu bergelar kalifah di muka bumi ini !!

Apa yang dihadapan saya tanpa berkata apa2 lagi langsung mundur dengan pelan2, seraya seluruh mahluk yang ada dialam itu semua nya marah kepada saya, bahkan salah satu nya mengatakan, " mari kita bunuh dia, kita penggal kepala nya, ayok mari"
Dengan sikap tawaduq saya meminta pertolongan dari Allah SWT, sambil membaca, bismillahirrohmanirrohim, laailahaillah allahuakbar, subhanallah subhanallah subhanallah dengan di iringi niat untuk keluar dari alam tersebut, mendadak tubuh saya terangkat ke atas secepat kilat dan kembali kesadaran saya pada jasad ( kembali normal ).

Penasaran

Hari demikian hari rasa penasaran bertambah besar, sehingga saya bertemu dengan sahabat yg juga ahli berdzikrullah, dengan berkata : wahai sifulan, apakah kanu bisa melihat apa yang ada didalam dada mu??
Saya tidak tau apa yg ada didalam dada, namun saya tahu apa isi dari cincin mu jawab sahabat saya,
Lalu saya menjawab, coba lah kamu lihat didalam dada, pernahkah kamu merasa sesak dada, nah sesak itu ada ditengah2 dada, di posisi itu lah kamu lihat apa yg ada didalam nya??
Sejenak menunggu apa yang dia lihat hampir beberapa menit, lalu beliau menjawab..
Hampir saja saya tidak mau keluar dari alam yang sangat hijau tersebut bagaikan saya berdzikir bersama para hamba Allah yang berjubah putih, seakan saya tidak mau lepas dari jama'ah dzikir tersebut, alam apa itu wahai sahabat ku??
Lalu saya menjawab, " itu ialah alam dada / alam bashiroh

Jawaban
Sampai disitu saya masih berfikir, kenapa alam hati sahabat saya itu terang sekali sampai2 diri nya melihat rumputan yang hijau. Sambil bertaqarub kepada Nya dan meminta petunjuk Nya, akhirnya saya kembali masuk kedalam alam dada, dan saya temui adalah ruangan alam yang dulu gelap berubah sebagai mana cahaya maghrib/ kesore2an dan disertai saya melihat sebuah mesjid yang lagi beradzan, disitu saya kembali sadar dan berfikir, benarlah dugaan saya.. Bahwa san nya orang yang rajin berdzikir yang tak lain mengingat Allah SWT selalu maka hati nya dipenuhi dengan terang nya cahaya ilahi..

Maka dari itu jawaban yang saya beri kepada pembaca ialah , untuk menjadikan hati itu terang dan agar tidak gelap, sering lah beribadah dengan berdzikrullah

Barokallah

Bersambung.....

7 comments:

  1. Assalamu'alaikum ustad faisal, pengalaman yg luar biasa sekali, berarti itulah penyebab manusia di hantuin rasa was was dalam dada yg membuat tidak nyaman, padahal itu syetan yg sedang membisikan hati kita suatu keraguan kepada Tuhan, Barokah dan makna surat Annaas memang luar biasa ustad, memohon perlindungan dari Allah swt, sekitar beberapa tahun yg lalu seorang teman naik angkot dan ada penodong yg masuk meminta barang, dia cuma membaca surah Annaas dalam hati sebanyak-banyaknya, entah kenapa penodong itu jadi berubah pikiran, dan pengalaman lainnya ketika sedang naik mobil tak sengaja tersenggol mobil anggota TNI karena menyalip, langsung diberhentikan dia, ia mengecek mobilnya, lalu dalam hati cuma bisa pasrah sambil baca surah Annaas, eh di suruh jalan terus, saya sangat takjub karomah surah Annaas utk memohon perlindungan

    ReplyDelete
  2. Walaikumsalam wr wb, surrah annas sudah bukan rahasia lagi bahwa dahsyat jika seseorang itu meyakinkan nya.. Jika di dzolimi orang, coba baca surrah annas 88x tengah malam sehabis sholat hajat, sambil mewiridkan nya sambil juga meminta keadilan kepada Allah SWT, insya Allah dlm waktu dekat pasti dengar kabar bagaimana cerita selanjutnya orang yang dzolim tersebut. Saya pernah, memegang kening orang lagi kesurupan, tanpa makhrifat apa2 saya cuma baca santai surah annas itu pun dengan suara pelan, namun yg kerasukan menjerit luar biasa hehe... Barokallah

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum ustad faisal mau tanya,pa ustad apakah seorang toriqot?bagaimana kiat2/trik supaya cepat fana masuk ke alam bashiroh sy sedang belajar dzikir tauhid,,mohon bimbingan nya

    ReplyDelete
  4. Wa'alaikumsalam wr wb mas arifin, kalau mau ambil bimbingan add pin bbm saya. Barokallah

    ReplyDelete
  5. subhannallah...masya allah... tersentuh alam bashiroh saya. semangat Pak ustadz syiarnya di web. semoga Pak ustad di berkahi dan di rahmati allah swt.

    ReplyDelete
  6. Saha mau d bimbing jua ustaz... jika diterima

    ReplyDelete

Salamun 'alaik..
Bacalah basmalah sebelum memulai sesuatu