Friday, 5 August 2016

Mengkaji ayat2 yang ditukar dengan harga murah

Makna menukar ayat2 Allah dengan harga murah/ sedikit

Tahukah kita apa yang dimaksud dengan menukar kalimah2 atau ayat2 Allah dengan harga murah??
Menukar ayat2 Allah dengan harga yang murah itu bukan berarti kita harus menukar ayat2 Nya dengan harga yang mahal sehingga sampai berjuta2 agar dapat dikatakan mahal, bukan lah seperti itu yang dimaksud melainkan mengharap pahala dan karunia dari Allah SWT, ini lah yang disebut harga yang tidak sedikit/ murah.
Sebab jika kita tahu apa itu pahala dan tahu apa itu karunia maka kita akan terkejut bahwa hal2 itu tidak bisa dibeli dengan harta apa lagi cuma uang berjuta2.
Contoh saja pahala itu akan menyelamatkan kita dari api neraka
Dan contoh juga karunia itu diberikan kepada kita sebagaimana Allah SWT memberikan karunia kepada nabi Nya yang bisa bicara kepada semut, bisa terbang, mempunyai kerajaan yang terkaya, berjalan diatas air, melunak kan besi dll.
Nah jika kita telah tahu pasti kita sadar bahwa betapa bodohnya kita menukar ayat2 Allah dengan harga yang sedikit/ murah.

Jadi jika ada yang berkata, dengan modal 5,7 juta bisa jadi master suprantural atau sekitar 800rb bisa jadi pewaris ilmu atau ratusan juta sekian untuk memiliki hal2 diluar akal, maka tidak lain itu lah mereka yang menukar ayat2 Allah dengan harga yang murah.

orang yang beramal yang diambil dari ayat2 Nya, namun memberikan nya kepada orang lain dengan mensyaratkan harta dunia, contoh juga seorang pengamal yang telah mengamali amalan rezki, namun beliau menurun kan amalan itu kepada orang lain dengan mengharap uang atau harta apa lagi berjumlah demikian dari ratusan bahkan juta'an rupiah, sedangkan amalan yang didapat nya dari Alqur'an yang dengan gratis diturunkan Allah SWT

Maka dari itu tidak kah kita berfikir bahwa mereka telah menukar ayat2 Allah SWT
Dan itu hanya sebagian dari amalan rezki, belum lagi amalan2 yang lain nya..

Terkadang banyak dari mereka beralasan bahwa mereka berguru juga bayar, maka jika ditelah lagi mereka berguru dari mana?? Sedangkan sanad kerasulullah yang memberikan amalan tanpa mahar dll..
Kalau pun boleh menggunakan mahar yaitu dengan secara suka rela saja, namun jika bagi yang tahu, mengharapkan rezki langsung dari Allah SWT lebih baik dari pada mengharapkan rezki dari mahar..

Disini lah bagi kita yang berfikir, bahwa yang memiliki amalan rezki namun memberikan amalan tersebut dengan meraup keuntungan dari orang lain itu ialah merupakan orang orang yang menukar ayat2 Allah SWT

Al Quran 2:41
------------------
وَآمِنُوا بِمَا أَنزَلْتُ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَكُمْ وَلَا تَكُونُوا أَوَّلَ كَافِرٍ بِهِ ۖ وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا وَإِيَّايَ فَاتَّقُونِ

Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.

Al Quran 2:42
------------------
وَلَا تَلْبِسُوا الْحَقَّ بِالْبَاطِلِ وَتَكْتُمُوا الْحَقَّ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.

Al Quran 3:199
------------------
وَإِنَّ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَمَن يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْكُمْ وَمَا أُنزِلَ إِلَيْهِمْ خَاشِعِينَ لِلَّهِ لَا يَشْتَرُونَ بِآيَاتِ اللَّهِ ثَمَنًا قَلِيلًا ۗ أُولَٰئِكَ لَهُمْ أَجْرُهُمْ عِندَ رَبِّهِمْ ۗ إِنَّ اللَّهَ سَرِيعُ الْحِسَابِ

Dan sesungguhnya diantara ahli kitab ada orang yang beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kamu dan yang diturunkan kepada mereka sedang mereka berendah hati kepada Allah dan mereka tidak menukarkan ayat-ayat Allah dengan harga yang sedikit. Mereka memperoleh pahala di sisi Tuhannya. Sesungguhnya Allah amat cepat perhitungan-Nya.


Barokallah
Semiga tidak menjadi perdebatan, namun menjadi bahan renungan serta pelajaran
Sadaqallahul'adzhim

5 comments:

  1. Assalamualaikum Ustadz: Pembabaran yang sungguh bermakna bagi hamba Allah umatnya Muhammad saw.Beruntung orang yang mempunyai ilmu Allah dan bisa memberikannya kepada yang ingin mengamalkan. Sungguh besar pahala dunia dan akhiratnya.Mohon izin Ustadz untuk copypaste,dan izinkan juga saya untuk mengamalkannya suatu hari nanti.

    ReplyDelete
  2. Walaikumsalam wr wb pak mohd adam, silahkan pak barokallah, jangan lah bermohon pak adam, sedangkan saya cukup senang sharing dengan bapak hehe :)

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum Ustadz. Maaf di sebabkan Portable wi fi saya baterinya sudah berusia 5 tahun jadi ngak mau masuk charge lagi.Kurang lebih satu minggu saya ngak melayari Internet. Buat masa ini saya tumpang Android isteri saya. Di tempat saya ngak ada kedai handphone yang menjual Bateri wi fi nya. Kalau di Kuala Lumpur ya banyak. Sekarang saya udah pulang ke Sarawak Borneo memang payahlah saya kalau saya mau ke Kuala Lumpur lagi. Cukuplah selama 40 tahun saya berkerja di sana.Macam-macam kenangan pahit manisnya merantau di negeri orang. SEKARANG INI SAYA HANYA MAHU INGIN TAHU DAN MAHU TAHU SERTA MAHU MENGUASAI ILMU BAGAIMANA MAU MEMBERATKAN TIMBANGAN KEBAIKAN DI PENGADILAN AKHIRAT. (TEORI DAN PRATIKALNYA). kALAU YANG SAYA AMALKAN SEKARANG INI BALANCE/SAIMBANG USTADZ. AMAT SANGAT MERUGILAH SAYA KALAU BANYAK MENGABAIKAN KEBAIKAN DUNIA UNTUK MENUJU AKHIRAT.Ustadz apa khabar sekeluarga sekarang ini?. Saya doakan semoga kerjaya,usaha,Ustadz sekeluarga di redhoi ALLAH swt,rezeki bertambah,pangkat di naikan,kehidupan aman sejahtera,di dampingi ramai kawan dan rakan sekerja,Amiin.

    ReplyDelete
  4. Ustadz ..Saya mau nanya iaitu sejak kebelakangan ini bermulainya saya mwnzikirkan/wiridkan dua ayat yang rungan,tapi berat timbangannya,La ilaha ilalloh(tidak terhitung),Hasbunallah wa nimal wakil(sebanyak-banyaknya) saya ada terasa mual-mual serupa mau muntah,bulu roma merinding,kepala saya terasa kebas-kebas,Tapi saya teruskan berzikir,akhir sekali saya wiridkan /baca Al Fatehah,3 Qul dan ayatl kursiy,dan Astaghfirullahal adzhiim,tubuh badan saya jadi normal kembali.Saya ada mengikuti penyelarasan jarak jauh Ilmu rezeki Hasbunallah, dua hari lepas saya dalam mimpi di datangi sosok seperti leluhur,beliau memberitahukan ilmu-ilmu yang bisa di amalkan di KWA. Ada 3 aja yang di sebutkannya.Dan saya tersadar. Dan terbaru ini saya 3 hari berturut turut selepas solat subuh pasti bunyi ada orang menghempaskan benda keras ke lantai mozek rumah saya.Apa maksudnya Ustadz,mohon pencerahannya.(Bagi saya ,saya ngak tahu apa-apa,saya hantam saja) inna solati wanusuki wamahyaya,mamamati lillahi robbil al amin. ...aja. Dan pertanyaan lagi Ustadz: ada ngak amalan untuk mendeteksi penyakit,ghoib,membuka mata batin dan menutupnya,dan memasukan qorin arwah ke tubuh sesaorang dan mengeluarkannya,dan ilmu penetralisir?. Sangat perlu untuk saya hadapi kehidupan di kampung saya.Ada juga saat bila ahli keluarga ,suku sakat saya yang datang kerumah saya, dalam ngobrol2 saya selitkan dengan ilmu agama islam,itulah cara saya berdakwah kepada ahli keluarga suku sakat saya ustadz,kalau direct terus mungkin mereka bosan,ya lah saya ini bukan sapa,sapa. cuman orang biasa,saya gunakan pengalaman saya saat kafir sehinggalah saya memeluk islam.

    ReplyDelete

Salamun 'alaik..
Bacalah basmalah sebelum memulai sesuatu