Friday, 1 April 2016

Shalawat Al Fatih

Bacaan Shalawat Fatih
Bacaan Shalawat al-Fatih dan disusun oleh al-'Arif al-Kabir Sayyid Muhammad al-Bakri. la mengatakan, "Barang siapa membacanya satu kali dalam seumur hidup, maka dijamin dirinya tidak akan masuk neraka."

Bagi orang yang mau membacanya terus-menerus selama empat puluh hari, Allah akan menerima tobat atas semua dosanya. Jika shalawat fatih ini dibaca seribu kali
pada malam Jumat atau malam Kamis atau malam Senin, maka orang yang mem-baca akan bisa berkumpul dengan Rasulullah Saw.

Berikut bacaan lengkap Shalawat Fatih


Allahumma shalli wasallim wabaarik 'alaa sayyidinaa Muhammadinil faatihi limaa ughliqa, wal khaatimi limaa sabaqa wannaashiril haqqi bil haqqi walhaadii ilaa shiraathikal mustaqiimi, shallallaahu 'alaihi wa 'alaa aalihi wa ash haabihi haqqa qadrihii wamiqdaa rihil 'adziim.

Arti nya :

"Ya Allah curahkanlah rahmat dan keselamatan serta berkah atas junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang dapat membuka sesuatu yang terkunci, penutup dari semua yang terdahulu, penolong kebenaran dengan jalan yang benar, dan petunjuk kepada jalanMu yang lurus. Semoga Allah mencurahkan rahmat kepada beliau, kepada keluarganya dan kepada semua sahabatnya dengan sebenar-benar kekuasaanNya yang Maha Agung."



Manfaat dan fadhilah bacaan sholawat Fatih:

Shalawat Fatih ini ditulis oleh Syech Sayyid Muhammad Syamsuddin ibn Abil Hasan al Bakri RA, adapun manfaat dan fadhilah Shalawat Fatih adalah:
1. Untuk menghilangkan pikiran yang resah atau susah;
2. Barang siapa membaca sholawat al Fatih tersebut, seumur hidup sekali saja Insya Allah diselamatkan dari api neraka.
3. Membaca Sholawat Al Fatih satu kali seperti membaca sholawat 10.000 x (ada yang mengatakan 600.000x)
4. Untuk melepaskan semua kesulitan misalnya agar dapat segera membayar hutang, urusan yang sukar segera dapat solusinya, agar rizqinya lancar dan lain lain. Untuk memperoleh sesuatu yang dimaksud sebaiknya shalawat fatih tersebut dibaca secara langgeng terutama dibaca tengah malam 100x selama 40 hari, atau lebih ampuh lagi dibaca setiap hari tiap malam dengan cara shalat hajat dua rakaat, setelah salam hadiah fatihah kepada para Nabi, auliya,syuhada, ulama, ahli kubur yang mukmin, kemudian membaca bacaan sholawat Fatih;
5. Apabila sholawat fatih dibaca setelah shalat shubuh 21x Allah akan memberi luas rizqinya, sabar hatinya, selamat diri dan keluarganya terhindar dari semua bala dan bencana atau malapetaka.
6. Dan siapa orang yang membaca sholawat Fatih 1000x pada malam Jumat atau malam Kamis atau malam Senin, maka orang tadi besok dapat berkumpul dengan Nabi Muhammad SAW. Adapun caranya sebelum membaca Sholawat Shalat sunnah 4 rakaat: rakaat pertama ba'da Fatihah membaca Surat Al Qadar, rakaat kedua membaca Surat Al Kafirun, rakaat ketiga membaca Surat Al Falaq, dan rakaat ke empat membaca Surat An Nas

Sumber
Kitab Abdullah Afif Thaifuri

6 comments:

  1. Assalamualaikum Ustadz, mohon penjelasan apa perbedaan pada kalimat haqqi bil haqqi dg haqqo bil haqqo? Krn dlm redaksi lain sy prnh bc penulisannya "haqqo bil haqqo"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam mas deka, wah ini koment nya barubsekarang saya lihat, sbulan yg lalu.. Haqqi wal haqqo sama makna nya namun karena kalimah didepan sehingga berubah lafadz sebagai mana ucapan dalam bahasa arab, contoh Al Fattahu sama Ar Rahman, juga ada pada Arrahman dan Assalam.. kata awal sebenarnya ialah Al yang berarti Yang Maha, maka ketika bertemu huruf syin maka berubah menjadi As bukan Al lagi, begitu juga dengan huruf Ro, jadi kata Al berubah menjadi Ar.. Barokallah

      Delete
  2. Assalamualaikum pak Ustaz saya ingin berkongsi pengalaman mengamalkan sholawat fatih.. Waktu saya mengamalkan nya hanya sekadar berselawat krn Allah taala namun Allah memberikan saya hikmah yang besar.. Saya bisa membantu seseorang yang sedang sakit dan tiada jalan kesembuhan..saya dibukakan cara apa bisa dilakukan untuk pesakit tersebut sembuh..cuma saya bukan perawat yang merawat orang sakit..kerap terjadi, ketika saya pergi untuk menemani sahabat untuk dirawat..saya cuma katakan pada perawat tersebut bisakah dibuat cara apa yang saya perolehi karena khuatir apa yang saya dapat tidak benar.. Alhamdulillah ianya amat berguna.. Apabila saya renung bahawa maksud sholawat fatih ini amat mendalam..Allah maha berkuasa,benar jika kita istiqomah,inshaAllah Allah pasti bersama kita.. Namun bisa saya tahu, apakah maksud nya, apa yang terjadi pada saya.. Bisa pak ustaz jelaskan... Terima kasih..

    ReplyDelete
  3. Walaikumsalam wr wb itu lah yang dinamakan mendapat pertolongan Allah SWT Alhikmah wal karomah minnallahi. Walllahu a'lam

    Barokallah

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum wr wb. Pak ustadz.
    Saya mau bertanya terdapat perbedaan dalam redaksi lain. Yaitu ada yang menggunakan Allohuma Sholi wassalim namun pada redaksi lain ada jg yang tidak menggunakannya. Mohon penjelasannya ustad.
    Terima kasih. Jazakumullohu khoiron katsiro.

    ReplyDelete
  5. Wa'alaikumsalam wr wb pak ahmad. Adapun maksud atau arti sholli wassalim wabaarik

    Sholli : Shalawat
    Wa sallim : dan keselamatan
    Wa baarik : dan keberkahan

    Jadi lebih afdhol ditambahi dengan kata2 tersebut.
    Boleh juga dengan hanya Allahumma Sholli 'ala sayyidina Muhammad. Dll

    ReplyDelete

Salamun 'alaik..
Bacalah basmalah sebelum memulai sesuatu