Wednesday, 13 April 2016

Perumpamaan Nurrullah/ Cahaya Allah

Allah (Pemberi) cahaya (kepada) langit dan bumi. Perumpamaan cahaya-Nya adalah seperti sebuah lubang yang tak tembus, yang di dalamnya ada pelita besar. Pelita itu di dalam kaca (dan) kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara, yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun yang tumbuh tidak di sebelah timur (sesuatu) dan tidak pula di sebelah barat(nya), yang minyaknya (saja) hampir-hampir menerangi, walaupun tidak disentuh api. Cahaya di atas cahaya (berlapis-lapis), Allah membimbing kepada cahaya-Nya siapa yang Dia kehendaki, dan Allah memperbuat per­umpamaan-perumpamaan bagi manusia, dan Allah Mahamengetahui segala sesuatu. (QS. 24:35)


 Perumpamaan cahaya-Nya
- seperti sebuah lubang yang tak tembus
- yang di dalamnya ada pelita besar (pelita/sumber cahaya)
- Pelita itu di dalam kaca
- kaca itu seakan-akan bintang (yang bercahaya) seperti mutiara
- yang dinyalakan dengan minyak dari pohon yang banyak berkahnya, (yaitu) pohon zaitun 
- Cahaya di atas cahaya

keterangan :
 1. gambar pertama ialah hasil editan saya yang tertuang dari buah pikiran dan qalbu, kebenaran nya mutlak ditangan Allah SWT

2. Sebuah sumber cahaya berada didalam sebuah lubang yang tidak tembus, yang cahaya tersebut seperti didalam kaca yang dibaluri minyak sehingga semakin mengkilau terpantul cahaya, dan terbias oleh cahaya diatas cahaya.



keterangan :
 1. gambar kedua ialah hasil editan saya yang tertuang dari buah pikiran dan qalbu tentang alam semesta atau disebut galaxy, kebenaran nya mutlak ditangan Allah SWT.

alam semesta ialah kumpulan galaxy, dan galaxy ialah kumpulan planet2 termasuk bumi dan juga bulan matahari, dan pada bumi ada diri kita.
nama galaxy yang terkumpul diplanet kita dinamakan galaxy bima sakti, dan galaxy bima sakti 
diluar kumpulan galaxy atau disebut alam semesta, ada ruang lagi, yang kita sebut " diluar alam semesta atau alam ketuhanan. 
alam ketuhanan maksudnya ialah, suatu alam yang tidak terjangkau oleh panca indra siapa pun terkecuali Allah Yang Maha Mengetahui,, maka itu disebut alam ketuhanan. Wallahualam

2. Jika kita perhatikan salah satu galaxy, salah satu nya galaxy bima sakti, maka seperti sebuah cahaya didalam lobang yang tak tembus, dan cahaya itu berlapis ( cahaya diatas cahaya ).

3. Pada setiap Galaxy didalam nya ada cahaya Allah yang menerangi, dan pada kumpulan galaxy masing2 ada cahaya Nya. Maha Suci Allah, yang Maha Mengetahui Segalanya





keterangan :
 1. gambar ketiga ialah hasil editan saya yang tertuang dari buah pikiran dan qalbu tentang perumpamaan nurrullah/ Cahaya Allah yang ada pada diri setiap mahluk termasuk manusia, jin, malaikat, hewan, tumbuhan2 dll

2. Setiap mahluk ada mata nya, dan jika kita perhatikan stuktur mata kita juga ikut terangkum dalam perumpamaan yang dijelaskan 35 surrah Annur ( Cahaya )

3. Mata diumpamakan sebuah lobang yang tak tembus
- Pupil diumpamakan cahaya Allah
- Kornea diumpamakan sebuah bola kaca seperti mutiara yang berkilau dibalur minyak zaitun
- Limbus korena diumpamakan cahaya diatas cahaya
- Sklera diumpamakan sebagai alam ketuhanan yang tidak bisa kita jangkau ( jika bola mata bagian hitam tiada, yang ada hanya putih saja, maka kita tiada memiliki cahaya Allah/petunjuk Allah, dalam arti kata "buta"
- penglihatan kita termasuk cahaya yang berlapis atau cahaya diatas cahaya,maka itu dapat melihat karena ada nya cahaya Allah ( perumpamaan dari pupil dan kornea )








Kesimpulan :

Jadi setiap sesuatu yang tersembunyi di dalam diri kita, penglihatan kita, sampai diseluruh jagad dan di luar jagad (alam ketuhanan ), Dia lah yang paling mengetahuinya..

maka dari itu, jika seorang hamba Allah yang paham tentang makhrifat penglihatan Allah, maka ketika penglihatan yg buruk termasuk melihat aurat yang bukan mukhrim nya ( dilarang Allah ) terlihat dipandangan bola mata nya, maka diri nya akan merasa malu karena dibola mata nya ada Allah yaitu ada cahaya Allah/ petunjuk Allah SWT.

bola mata menghasilkan penglihatan atau pandangan, dan petunjuk terlewatkan dahulu dari penglihatan kita,
begitu juga dengan hati kita, di hati kita juga ada mata nya, jika tiada mata hati, maka tiada pula petunjuk yang didapat. Masya Allah.. segala sesuatu yang diciptakan Allah ialah penciptaan yang sebaik2nya.

Barokallah











2 comments:

Salamun 'alaik..
Bacalah basmalah sebelum memulai sesuatu